Kunjungan SD Negeri 01 Pegaden Tengah Kecamatan Wonopringgo ke Perpustakaan UMPP

Wednesday, 24 January 2024

Oleh Humas

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

Dalam rangka menumbuhkan semangat dan minat baca siswa-siswi, SD Negeri 01 Pegaden Tengah Kecamatan Wonopringgo Pekalongan melaksanakan kunjungan silahturahmi ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pekajangan di Lantai 6 Gedung Rektorat, Jl. Raya Pekajangan No. 1A pada Rabu ( (24/1/2024). Siswa-siswi yang berjumlah 8 anak dipandu oleh Bapak Guru Kelas, Muhammad Azam Anggoro, S.Pd dan disambut Pustakawan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Siswa-siswi diberikan pembekalan dan pengenalan oleh Pustakawan senior Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Agus Budi Riyanto, S.I.Pust, menjelaskan bahwa membaca adalah keterampilan dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh anak-anak, terutama siswa. Bukan hanya membantu mereka meningkatkan keterampilan bahasa, tetapi juga memberikan pencerahan tentang berbagai topik dan keterampilan apa pun yang mungkin mereka inginkan. Dengan membaca, anak-anak bisa memperoleh pemahaman tentang dunia, melatih imajinasi mereka, dan mengembangkan berbagai kemampuan seperti keterampilan analisis dan berpikir kritis. Selain itu, membaca juga membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan fokus, serta mengurangi stres dan kecemasan.

Mengenalkan edukasi membaca sejak dini sangat penting dalam membangun pengembangan siswa. Dengan membaca sejak dini, siswa dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan membentuk kebiasaan positif. Selain itu, membaca dapat membantu siswa membangun kemandirian dan memberikan kesempatan untuk belajar tentang berbagai hal yang mereka minati. Dengan membaca, siswa juga bisa memperoleh pengetahuan baru dan mempelajari berbagai keterampilan baru yang bisa membantu mereka pada masa depan.

Acara dilanjutkan materi pengenalan literasi dasar yang disampaikan oleh Aisyah, S.Ak, selaku pustakawan UMPP yang bertugas di Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dalam penjelasannya dikenalkan literasi dasar yaitu membaca, menulis dan memahami apa yang dilihat atau dibaca sehingga nantinya bisa dikembangkan dan sampaikan lagi oleh anak. Kemudian siswa-siswa SD Negeri 01 Pegaden Tengah praktik membaca buku bacaan selama 15 menit dan menuangkannya kembali untuk mengasah kemampuan literasi membaca.

Muhammad Azam Anggoro, S.Pd selaku Guru Wali Kelas menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap siswa-siswinya bisa mengambil pengalaman dan materi yang disampaikan oleh Pustakawan UMPP. Kemudian sebelum pamit siswa-siswi diberikan waktu untuk berkeliling melihat perpustakaan dari lantai 7 sampai lantai 1 kembali turun kebawah.

Salam literasi bagi kita semua.