Kiat Meningkatkan Kualitas Lulusan, Farmasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Gelar Kuliah Pakar Bersama Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Friday, 19 January 2024

Oleh Humas

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

Pekalongan, 19 Januari 2024 M / 7 Rajab 1445 H - Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) sukses menyelenggarakan kegiatan kuliah pakar bersama dr. Agi Wihastomo Nugroho, Sp. OG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi dengan tema Asuhan Kefarmasian Klinik dan Komplement pada Ketidakseimbangan Hormon Remaja.

Ketua panitia dalam kegiatan ini, apt. St. Rahmatullah, S.Farm., M.Si menyampaiakan tujuan diselenggarakannya Kuliah Umum ini adalah untuk menambah wawasan, penguatan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa tentang apa saja ciri ketidakseimbangan hormon dalam tubuh remaja ditinjau dari perspektif terapi klinik dan komplement. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang perkembangan isu kesehatan global yang berkaitan dengan maslaah kesehatan di Indonesia. Acara ini dilaksanakan secara hybrid yang diikuti oleh semester 1 hingga akhir. Selain mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan mahasiswa prodi di lingkungan ilmu kesehatan. Menariknya dari masyarakat umum juga mengikuti secara daring.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Program Studi, Sekretaris Program Studi, Dosen, dan Tenaga Kependidikan Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), dan dibuka oleh Kepala Program Studi, bapak apt. Dwi Bagus Pambudi, M. Farm., MH(kes). Sambutan kaprodi apt. Dwi Bagus Pambudi, M. Farm., MH(kes) menyampaikan terimakasih banyak kepada pembicara telah meluangkan waktu dalam kesibukan beliau dalam praktek kedokteran. Sebelum datang, sudah ada jadwal operasi, kemudian langsung datang untuk memenuhi undangan sebagai pakar dalam agenda kuliah tamu. Dalam mempersiapkan program studi pendidikan profesi apoteker, selain dosen dan tenaga pendidikan, mahasiswa juga diminta untuk mempersiapkan guna kelulusan apoteker yang bersifat nasional melalui Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI), sehingga mahasiswa belajar dengan rajin dan tekun dari sekarang.

Dokter Agi, sapaannya dalam pengantar, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk belajar rajin dan tekun agar cita-cita tercapai. Dibandingkan zaman dahulu, belajar dengan kondisi yang minim, sekarang sudah tersedia fasilitas. Dokter Agi juga memberikan semangat untuk melanjutkan kuliah melalui beasiswa baik kepada mahasiswa putra maupun putri. Beasiswa banyak disediakan pemerintah yang bisa diakses oleh siapa saja.

Tema ini diambil karena masa remaja kerap dianggap sebagai masa-masa untuk mencari jati dirinya seorang anak. Berangkat dari alasan ini, anak-anak yang memasuki usia remaja cenderung labil dan rentan stres. Banyak yang tidak menyadari jika stres yang berkelanjutan mampu mendatangkan berbagai penyakit.  Hormon adalah senyawa biokimia dalam tubuh yang berperan penting dalam setiap fungsi tubuh. Kadar setiap jenis hormone di dalam tubuh harus tetap seimbang agar organ-organ dan kelenjar dapat bekerja dengan baik. Akan tetapi, saat memiliki gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat, tubuh bisa saja menunjukkan ciri-ciri gangguan hormon. Terapi hormon merupakan metode terapi pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kondisi medis yang berhubungan dengan gangguan hormonal. Terapi ini digunakan untuk menjaga kadar hormon tetap terkendali dan membantu pengobatan penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ada berbagai jenis terapi komplementer yang biasa digunakan remaja untuk mengelola masalah kesehatannya. Kompres air hangat, air rebusan jahe, dan olahraga adalah beberapa terapi pelengkap yang paling populer digunakan oleh remaja untuk mengatasi nyeri haid. (AM)