KEMBANGKAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT INTERNASIONAL, DOSEN UMPP MELAKUKAN PENGABDIAN TENTANG MANAGEMEN PSIKOLOGIS DAN SPIRITUAL PADA PASIEN CANCER DI SERAWAK, MALAYSIA

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) melaksanakan pengembangan pengabdian kepada masyarakat di tingkat internasional. Dalam rangka menunjukkan eksistensinya, UMPP dengan berani melaksanakan pengabdian internasional perdana ini dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2023 di University Malaysia Serawak.

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat tertentu dengan sebuah aktivitas yang mana sebuah implementasi keilmuan kepada masyarakat, sehingga tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan ilmu, namun masyarakat juga merasakan.

Tema dalam kegiatan pengabdian ini adalah tentang manajemen psikologis dan spiritual pada pasien cancer. Program kegiatan pengabdian masyarakat internasional dilaksanakan atas kerja sama antara UMPP sebagai anggota AIPNEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Muhammadiyah-Aisyiyah) dengan Faculty of Medicine and Health Science, University Malaysia Serawak. Kegiatan ini sebagai wujud dari caturdharma perguruan tinggi Muhammadiyah.

Tim pelaksana dalam kegiatan pengabdian ini antara lain Dr. Nur Izzah Priyogo, M.Kes. (Rektor UMPP), Nurul Aktifah, S.Kep., Ns., M.Si., Med. (Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMPP) dan Hana Nafiah, S.kep., Ns., MNS (Sekretaris Prodi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners UMPP).  “Managemen psikologis dan spiritual terapi pada pasien Ca sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas hidup pasien” ungkap Hana Nafiah selaku pelaksana kegiatan sekaligus Dosen Keperawatan Jiwa dan Keperawatan Paliatif dan Menjelang Ajal.

Kegiatan pengabdian internasional ini dilaksanakan dengan melakukan sharing session pada pasien Ca Payudara. Selain itu juga pemberian support edukasi tentang menegemen psikologis dan spiritual pada pasien berusia 35 tahun sebagai pasien dengan Ca Payudara mengatakan bahwa kondisi yang dialaminya sekarang adalah sebagai suatu kenikmatan yang luar biasa dari Allah Subhanahu Wata’ala. Sebagai orang tua tunggal dengan 1 anak dia harus bisa melawan penyakitnya. Kondisi fisik yang mengalami penurunan dan keluhan nyeri menjadi permasalahan yang paling sering dirasakan. Hal tersebut membuat kondisi psikologis juga terganggu.

Kesehatan fisik, psikologis, sosial dan spiritual merupakan hal yang komprehensif harus tetap dimiliki oleh pasien dalam kondisi penyakit apapun, khususnya penyakit cancer. Pasien cancer membutuhkan manegemen yang baik terkait dengan psikologis dan spiritual untuk bisa meningkatkan kualitas hidup. Bagaimana pasien bisa mempersepsikan mengenai posisi mereka dalam konteks budaya kehidupan dan sistem nilai di mana mereka tinggal dan kaitannya dengan tujuan, harapan, standar, dan keinginan mereka.

Kombinasi manajemen psikologis dan spiritual bertujuan untuk memberikan perawatan holistik, tidak hanya fokus pada aspek fisik penyakit, tetapi juga aspek-aspek emosional, mental, dan spiritual dari pasien. Dengan menyatukan pendekatan ini, pasien cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih baik, mengatasi tantangan dengan lebih baik, dan mendukung proses kesembuhan mereka dengan cara yang komprehensif.

Selain kegiatan ini, kegiatan internasional juga telah banyak dilakukan oleh UMPP seperti mengundang pembicara secara luring ke UMPP untuk memberikan kuliah pakar kepada mahasiswa,buku-buku internasional, dan pembelajaran yang juga beberapa diantaranya bersumber dari literatur internasional. Hal ini menjadi komitmen UMPP untuk dapat mencetak lulusan yang berdaya saing global.

Kutipan Al-Quran :

Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku (QS. Asy-Syu'ara: 80)

Berita Lain