UMPP Selenggarakan Job Fair 2023Untuk Menjembatani Alumni dan Perusahaan

Bursa Kerja Khusus (BKK) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan menunjukkan eksistensinya dalam menjembatani alumni untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan tidak hanya alumni, masyarakat umum juga berkesempatan sama untuk dapat mendapatkan pekerjaan. BKK UMPP yang berada dalam naungan Biro Penerimaan Mahasiswa baru dan Tracer Study yang berdiri tahun 2020 untuk pertama kalinya melaksanakan job fair dengan nama “UMPP Jobfair 2023”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2023 bertempat di Gedung Auditorium Kampus Fikes 2 yang berada di Jl. Raya Ambokembang No.8 Kedungwuni Pekalongan. Kegiatan Jobfair ini diikuti perusahaan nasional dan multinasional oleh 21 perusahaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja baik alumni UMPP maupun masyarakat umum di sekitar Kabupaten pekalongan.

Pada pembukaan kegiatan, turut hadir Wakil Rektor 1, 2 dan 3 Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan, Ketua Bursa Kerja Khusus Kabupaten Pekalongan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Ketua Ikatan keluarga besar alumni UMPP, Ketua PHRD Pekalongan, Kepala Biro Humas dan Kesekretariatan dan masih banyak lagi pimpinan-pimpinan perusahaan yang datang untuk kegiatan ini.

 Suparni, dalam sambutannya sebagai Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa baru dan Tracer Study sekaligus Ketua BKK UMPP, menyampaikan Kegiatan ini diikuti oleh 21 perusahaan baik nasional maupun lokal. jumlah peserta yang mengisi formulir kehadiran di google formulir sampai dengan pagi ini sebanyak 1.045 orang. Mudah-mudahan pada hari ini dapat hadir semua. Kegiatan job fair ini secara umum bertujuan ikut membantu memecahkan masalah terkait employee rate dan pengangguran yang ada di negeri kita tercinta ini. Secara khusus kegatan ini merupakan usaha yang di lakukan UMPP untuk mengfasilitasi alumni dan masyarakat di sekitar pekalongan dalam menemukan pekerjaan sesuai dengan kualifikasinya. Di sisi lain, kegiatan ini juga berguna bagi PHRD atau perusahaan untuk membantu mendapatkan sumber daya manusia atau calon karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. Harapan kami dengan adanya job fair ini keterserapan lulusan UMPP di dunia kerja dan dunia industri akan meningkat lagi.

 Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 3, Aslam Fatkhudin, menyampaikan Kurikulum di UMPP mengacu pada kebutuhan industri. Kurikulum ditinjau setiap 2 tahun atau 4 tahun untuk menyelaraskan kebutuhan industri dengan mengundang stakeholder berbagai pihak. Sbg tanggung jawab atas alumni yg diluluskan. Masyarakat sebagai kontribusi UMPP untuk mengakses lebih mudah. PT berkontribusi berperan aktif untuk masyarakat mencarikan tempat kerja.

 Pada kegiatan ini, masyarakat yang datang akan langsung terhubung dengan perusahaan yang dipilih melalui barcode sehingga sangat efisien dan mudah, tanggap salah satu pengunjung yang hadir.

Kutipan Al-Quran :

Allah menggenggam jiwa seseorang ketika matinya dan menggenggam jiwa seseorang yang belum mati di waktu tidurnya. Maka Dia menahan jiwa seseorang yang ajal kematiannya telah tiba dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (QS. Az-Zumar: 42)

Berita Lain