Tim Keperawatan Kesehatan Jiwa UMPP Peduli Kesehatan Jiwa, Laksanakan Program Pro-Keswa di Sekolah

Pekalongan, 13 Desember 2023 - Upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa yang berkaitan dengan tugas perkembangan anak usia sekolah dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners. Program kegiatan yang dilaksanakan kerjasama Fikes UMPP dengan SD Negeri Rengas Kec.Kedungwuni tersebut merupakan bagian dari Promosi Kesehatan Jiwa (Pro-Keswa) Sekolah sebagai upaya menciptakan suasana psikososial yang nyaman bagi siswa untuk belajar dan bersosialisasi. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan skrining tugas perkembangan anak usia sekolah dan status kesehatan mental anak. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian program-program edukatif untuk membantu stimulasi perkembangan psikososial anak dan mengoptimalkan kesehatan mental anak.

 Kegiatan yang dilaksankan itu meliputi pengenalan emosi dengan permainan ular tangga yang dimodifikasi, edukasi cara mengontrol emosi pada anak, stimulasi kognitif yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi anak, dan manajemen konflik dengan teman sebaya melalui permainan kelompok. Kegiatan tersebut dirancang sesuai dengan program promosi kesehatan jiwa dan memfasilitasi tercapainya tugas perkembangan anak sekolah. Meskipun demikian, seluruh anak yang telah mengikuti kegiatan tersebut dinyatakan sehat jiwa dan tetap antusias mengikuti kegiatan. “Hal yang sudah dilakukan tersebut sesuai dengan kurikulum merdeka pada jenjang sekolah dasar. Tentunya kami berharap hasil kegiatan ini dapat menjadi bahan evaluasi terhadap anak didik kami dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka” Ungkap Nur Rokhmi Listyo Handayani, S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah.

 Tim pelaksana kegiatan yang terdiri atas sembilan mahasiswa yaitu Ahmad Samsudin, Apriyani, Harist Muaziz, Laela Novita Septiana, Khusnul Khotimah, Siti Arofah, Sukisto, Toto Eko Santoso, dan Fidiastuti, serta Ns. Eka Budiarto, M.Kep.,Sp.Kep.J selaku Dosen Keperawatan Kesehatan Jiwa UMPP berharap kegiatan yang sudah dilaksanakan dapat menginspirasi dan menjadi daya ungkit untuk mengkampayekan pentingnya kesadaran kesehatan jiwa di sekolah. “Kesehatan jiwa merupakan kebutuhan penting, tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa. Namun masih berkembang di masyarakat bahwa kesehatan jiwa hanya sebatas tentang gangguan jiwa, padahal kegiatan yang kita lakukan ini juga bagian dari memfasilitasi dan menstimulasi perkembangan anak sekolah menuju sehat jiwa. Karena kesehatan jiwa juga meliputi anak yang sehat optimal ataupun mereka yang memiliki tanda gejala kecemasan misalnya” Tutur Ns.Eka Budiarto, M.Kep.,Sp.Kep.J. Harapan terbesar adalah kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinyu di sekolah yang sudah diberikan program dan dapat dilakukan di sekolah lainnya yang belum berkesempatan.

 

Kutipan Al-Quran :

"Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S Fatir: 5)"

Berita Lain