Cikal Bakal Health Center UMPP, Jajaran Pimpinan Resmi Launching APOTEK UMPP



Selasa, 31 Oktober 2023, UMPP melaksanakan kegiatan soft launching Apotek UMPP dengan rangkaian acara pengajian bersama. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah dihadiri oleh Ayahanda Muhammad Afif, S.PdI, Pimpinan Cabang Aisyiyah dihadiri oleh Ibunda Balqis, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah dihadiri oleh Kanda Arif Widianto, Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah dihadiri oleh Yunda Farida Cabang Pekalongan Selatan, tokoh setempat seperti Ketua RT 01 dan 02, Rektor UMPP Dr. Nur Izzah. S.Kp., M.Kes, Wakil Rektor 1 Dr. Mokhamad Arifin, Wakil Rektor 2 Subrotul Imtikhanah, SE., M.Si., Wakil Rektor 3 Aslam Fatkhudin, S.Kom., M.Kom, Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Kesehatan Nina Zuhana, S.ST., M.Kes., Ketua Program Studi Sarjana Farmasi apt. Dwi Bagus Pambudi, M.Farm., MH (kes), Sekretaris Program Studi Sarjana Farmasi apt. St. Rahmatullah, S.Farm., M.Si., tim dosen Farmasi, Apoteker Penanggung Jawab Apotek UMPP apt. Eko Mugiyanto, M.Farm., tenaga teknis kefarmasian UMPP, dan warga sekitar turut hadir.

 

Apotek UMPP beralamat di Jl. Gapuro RT.01, RW.01 Kelurahan Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah. Apotek UMPP merupakan salah satu cikal bakal badan usaha yang dimiliki oleh UMPP di bidang kesehatan. Bidang ekonomi, UMPP telah memiliki al-birru minimarket yang berlokasi di Fakultas Ilmu Kesehatan Kampus 2 Ambokembang. Apotek UMPP memiliki tagline Ikhtiar Sehat Keluarga yang artinya apotek UMPP merupakan tempat pelayanan sebagai jembatan untuk menyehatkan seluruh keluarga. Pendirian Apotek UMPP ini merupakan suatu komitmen UMPP untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat luas.

 

Apotek UMPP melayani resep dokter, swamedikasi (permintaan obat dari pasien tanpa resep), konseling obat, informasi obat, dan cek kesehatan seperti asam urat, kolesterol, HB, glukosa. Apotek UMPP menyediakan vitamin, mutlivitamin, obat bebas, bahan habis pakai seperti kassa steril, hansaplast, dll, dan alat kesehatan.

 

Dalam sambutannya, Rektor UMPP menyampaikan, “dalam pengembangan ke depan, akan dilengkapi dengan praktik fisioterapi, keperawatan, dan kebidanan yang kemudian menjadi klinik terpadu. Sehingga Apotek UMPP menjadi bagian dari awal pengembangan Health Center UMPP. Disini akan menjadi pusat pengabdian, penelitian, dan pendidikan bagi dosen maupun mahasiswa UMPP. Apotek UMPP akan menyatukan antara masyarakat dengan UMPP.”

 

“Semoga Apotek UMPP dapat melayani masyarakat sekitar dan memberikan manfaat. Setelah soft launching, sebentar lagi kita mempersiapkan grand launching Apotek UMPP untuk mengenalkan masyarakat luas.” tutur Dr. Izzah.

 

Dalam acara tsb, dibuka dengan pembacaan tadarus bersama oleh Ustadz Asfal Fuad, M.PdI dan diakhiri dengan ramah tamah antara UMPP, tamu undangan, dan warga sekitar.

 

Apotek UMPP ini merupakan apotek pendidikan yang dimiliki oleh UMPP dan dilengkapi dengan ruang kelas dan ruang diskusi yang dapat digunakan untuk kelas pembelajaran Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker.

Kutipan Al-Quran :

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya bershaf-shaf (bersusun, berbaris-baris) seolah mereka adalah bangunan yang tersusun kokoh." (As-Shaff : 4)

Berita Lain