Rektor UMPP Melantik 34 Pejabat Struktural Kampus, Berpesan: Awali Dengan Hati Yang Bersih dan Didasari Keimanan

Rektor Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), Dr. Nur Izzah, SKp., M.Kes melantik 34 pejabat struktural di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Periode 2023-2027 yang terdiri dari wakil rektor 1, 2, dan 3, 3 kepala lembaga,  dekan dan wakil dekan fakultas, 16 kaprodi, 7 kepala biro, dan 2 tambahan biro baru yang diharapkan akan membawa warna, prestasi, dan keberkahan untuk UMPP.  Pelantikan dilaksanakan pada hari Selasa, 06 Shafar 1445 H atau 22 Agustus 2023 M. Pelaksanaan bertempat di Gedung Rektorat UMPP Lantai 7 Jalan Raya Pekajangan IA Kedungwuni Pekalongan.

Penandatanganan berita acara pelantikan oleh Sekretaris Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat  Muhammadiyah Bpk. Mohammad Adam Jerusalem, S.T., S.H., M.T., Ph.D disaksikan oleh Ketua BPH UMPP dan sekaligus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. Kegiatan pelantikan juga dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekalongan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batang, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten dan Kota Pekalongan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekajangan, Pimpinan Cabang Aisyiyah Pekajangan, Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, dan tamu undangan seperti BSI, Bank Jateng Syariah, dan mitra lain yang bekerjasama dengan UMPP.

 

Adapun pejabat struktural yang dilantik untuk periode 2023-2027, yaitu:

  1. Mokhamad Arifin, SKp., M.Kep. sebagai Wakil Rektor 1
  2. Sobrotul Imtikhanah, SE., M.Si. sebagai Wakil Rektor 2
  3. Aslam Fatkhudin, S.Kom., M.Kom. sebagai Wakil Rektor 3
  4. Nurul Aktifah, S.Kep., Ns., M.Si.Med sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes)
  5. Yohani, SE., M.Si.,Ak., CA sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  6. Khoirul Anam, ST., MT sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM)
  7. Siti Rofiqoh, M.Kep., Ns., Sp.Kep.An sebagai Ketua Program Studi Diploma III Keperawatan
  8. Dafid Arifiyanto, M.Kep., Ns., SP.Kep.MB sebagai Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan
  9. Lia Dwi Prafitri, SST., MPH sebagai Ketua Program Studi Diploma III Kebidanan
  10. Rini Kristiyanti, S.SiT., M.Keb sebagai Ketua Program Studi Sarjana Kebidanan
  11. Dwi Bagus Pambudi, M.Farm., MH (kes) sebagai Ketua Program Studi Sarjana Farmasi
  12. Abdurrachman, S.Fis., Ftr., M.Or sebagai Ketua Program Studi Sarjana Fisioterapi
  13. Riski Adi Wijaya, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani
  14. Muhammad Fithrayudi Triatmaja, SE., M.Acc. Ak sebagai Ketua Program Studi Diploma III Akuntansi
  15. Rini Hidayah, SE., M.Si., Ak.CA sebagai Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi
  16. Muhammad Arifiyanto, SE., MM sebagai Ketua Program Studi Sarjana Manajemen
  17. Fadli Hudaya, SEI., M.Si. sebagai Ketua Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah
  18. Ghoni Musyahar, S.T., MT sebagai Ketua Program Studi Diploma III Teknik Elektro
  19. Budiyono, S.T., M.T sebagai Ketua Program Studi Diploma III Teknik Mesin
  20. Hadwitya Handayani Kusumawardhani, S.Kom., M.Kom. sebagai Ketua Program Studi Diploma III Manajemen Informatika
  21. Towijaya, ST., M.T sebagai Ketua Program Studi Sarjana Teknik Mesin
  22. Edy Subowo, ST., M.Kom sebagai Ketua Program Studi Sarjana Informatika
  23. Aida Rusmariana, S.Kep., Ns., MAN sebagai Kepala Lembaga Bahasa dan Kerjasama
  24. Nuniek Nizmah Fajriyah, SKp., M.Kep., Ns., Sp.KMB sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  25. Nur Chabibah, S.Keb., MPH sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu
  26. Gigih Setianto, M.Pd.I sebagai Kepala Biro Pengembangan AIK
  27. Nafi’atun Nisa, S.Ag sebagai Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian
  28. Titis Aji Wicaksono, S.Kom sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
  29. Ferlinda Ainur Rachmani, SE., M.Ak sebagai Kepala Biro Administrasi Keuangan
  30. Suparni, SST., M.Kes sebagai Kepala Biro PMB dan Tracer Studi
  31. Ainun Muthoharoh, M.Farm sebagai Kepala Biro Humas dan Kesekretariatan
  32. Usamah, SE., M.Si. sebagai Kepala Biro Perpustakaan
  33. Siti Khikmah, S.Kom sebagai Kepala Biro Pusat Data dan Informasi
  34. Inawati, Ns. PhD sebagai Kepala Biro Pengembangan dan MBKM

Pelantikan  Pejabat Struktural Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan untuk Periode Kepemimpinan 2023-2027 merupakan kegiatan yang penting dan bersejarah bagi UMPP. Periode 2023-2027 merupakan periode kedua bagi Rektor UMPP dalam mengembang amanah sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Periode kedua ini merupakan periode dalam pengembangan dan peningkatan mutu yang akan membawa UMPP menjadi lebih besar dan lebih berkualitas. Dimana periode pertama 2019-2023 merupakan periode konsolidasi pembentukan dan penyamaan dari ketiga institusi menjadi universitas.

Usai melantik, Rektor UMPP menyampaikan bahwa nuansa perubahan telah dialami di UMPP, dari awal pembentukan, penggabungan hingga menjadi universitas seperti sekarang ini. Berbagai kemajuan dan prestasi telah kita dapatkan. Universitas telah terakreditasi, dan akan melakukan re-akreditasi kembali, prodi juga telah terakreditasi, terakreditasi B dan Baik Sekali, prestasi-prestasi dosen dan mahasiswa dalam tingkat nasional dan internasional, publikasi scopus, perolehan hibah penelitian, pengabdian, maupun hibah lain yang sangat berarti bagi UMPP. Apalagi baru saja UMPP mendapatkan hibah dari pemerintah untuk peningkatan mutu dan SDM bagi UMPP.

Rektor UMPP berpesan kepada para pejabat yang baru saja dilantik, UMPP merupakan amal usaha Muhammadiyah,

Rektor UMPP menyampaikan bahwa pemilihan pejabat struktural Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Periode 2023-2027 dipilih oleh civitas, ada usulan dari bawah, dan masukan yang lain, yang dianggap mampu, cakap, dan memiliki kelebihan. Pejabat struktural yang baru saja dilantik berasal dari usia muda dan mapan, sehingga bagi pejabat struktural yang masih muda untuk tidak ragu dan percaya diri dan mampu mengemban amanah dengan baik, yang artinya memperoleh kepercayaan dari civitas dan Persyarikatan.

“Pada periode kedua ini, saya berharap semangat baru dari seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, terutama Pejabat struktural Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Periode 2023-2027 yang baru saja dilantik. Saya berharap adanya peningkatan kerjasama dari dalam dan luar negeri, peningkatan kualitas SDM baik dari aspek jabatan fungsional, maupun kompetensi,” tutur Dr. Izzah.

Selanjutnya, Rektor UMPP menyampaikan kepada para pejabat yang baru saja dilantik agar memulai dengan hati yang bersih, mengemban tugas dengan baik, ikhlas dalam menjalankan tugas. Jabatan yang diemban adalah titipan dan amanah dari Allah SWT dan persyarikatan yang akan dipertanggungjawabkan dan harus dilaksanakan dengan baik. Aktivitas yang dikerjakan di kampus mesti diniatkan sebagai ibadah kepada Allah. Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan merupakan amal usaha Muhammadiyah dengan tujuan untuk membumikan Islam sebagaimana tujuan Muhammadiyah. Gerakan kita merupakan perjuangan dalam menegakkan Islam dan cita-cita besar dari Persyarikatan Muhammadiyah yang harus dilaksanakan oleh Amal Usaha. Maka, untuk mewujudkan itu semua, mari untuk merefleksikan iqrar yang baru saja dibaca saat pelantikan.

Pejabat struktural Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan hendaknya memahami konsep, menguatkan pemahaman dan ideologi Muhammadiyah.

“Saya meminta agar pejabat struktural yang baru saja dilantik, agar mengedepankan prinsip sinergitas, kebersamaan, keakraban, dan kerukunan dalam bekerja agar gerakan pencerahan Muhammadiyah melalui Amal Usaha dapat terwujud,” kata Dr Izzah saat sambutan.

Kutipan Al-Quran :

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (12). Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)(13). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik (14). (QS. Al-Mu’minun : 12 – 14)

Berita Lain